Ini Kuliner Khas Cianjur Yang Paling Dicari Saat Libur Lebaran

oleh -1.529 views

SUARAJATIM.CO.ID– Mengisi libur Lebaran di Cianjur tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner lezatnya. Daerah berudara sejuk ini memiliki beberapa sajian kuliner khas yang lezat dan wajib Anda cicipi. Sehingga #PesonaMudik2018 Anda semakin lengkap.

“Selain terkenal dengan tempat wisata Cianjur yang menarik, daerah ini juga memiliki segudang makanan khas Cianjur yang mampu menggoyang lidah. Udaranya yang sejuk menambah sensasi wisata kuliner di Cianjur. Jadi jangan dilewatkan #PesonaKulinerLebaran2018 yang ada di Cianjur biar liburannya lengkap,” kata Menpar Arief Yahya, Senin (4/6).

Berikut ini ulasan #10TopPesonaKulinerLebaranCianjur yang patut anda coba saat libur Lebaran ke Cianjur, Jawa Barat

1. Laksa Cianjur

Laksa Cianjur sebagai makanan khas Cianjur Jawa Barat memiliki rasa yang lezat dan tentunya enak. Makanan ini banyak digeamri baik oleh warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat.

Laksa Cianjur ini mirip dengan laksa Bogor. Meskipun mirip, namun setelah merasakannya, pasti anda akan dapat membedakan rasa dari laksa Cianjur dan laksa Bogor. Laksa Cianjur yang enak dan lezat ini dapat anda temukan di Jalan Mokhamad Ali karena di jalan tersebut ada beberapa penjual makanan khas Cianjur ini.

2. Roti Manis Tan Keng Cu

Bagi anda pecinta sajian kuliner berupa roti, diwajibkan untuk mencoba kuliner yang satu ini, yaitu roti manis. Kuliner roti Cianjur ini sudah sangat lama diproduksi dan masih eksis sampai sekarang serta menjadi favorit masyarakat Cianjur dan juga wisatawan.

Roti manis ini sudah diproduksi sejak tahun 1926 silam. Salah satu roti manis yang cukup terkenal adalah roti manis tan keng cu. Cara pembuatannya masih sangat tradisional. Pembakaran roti pun masih menggunakan batu bara, sehingga cita rasa yang dihasilkan dari roti ini menjadi ciri khas tersendiri dan tentunya sangatlah lezat.

3. Mie Ayam Mang Memed

Para penggemar olahan mie ayam harus mencoba sajian kuliner yang satu ini. Mie Ayam Mang Memed sudah sangat terkenal di Kota Cianjur dan berlokasi di dekat toko roti manis Tan Keng Cu yang juga sangat legendaris.

Nah, cocok banget jika anda sedang mampir membeli roti manis Tan Keng Cu sebagai oleh oleh, anda bisa sekalian bersantap siang di Mie Ayam Mang Memed ini.

Apa sih yang membedakan Mie Ayam Mang Memed dengan jenis mie ayam lainnya? Tentunya mie ayam Mang Memed mempunyai rasa yang sangat lezat dan juga gurih.

Pokoknya anda harus mencoba langsung mie ayam Mang Memed ini, dijamin akan puas dan mungkin bisa ketagihan ingin memakannya lagi.

4. Roti Popon

Makanan khas Cianjur Selatan ini dapat anda temukan di dekat Alun Alun Cianjur yang terletak di jalan raya dari arah Bandung. Roti Popon dijual di toko tua yang ada disekitar alun alun tersebut. Memang tidak ada plang nama tokonya, namun sajian kulinernya dikenal dengan nama Roti Popon. Roti ini merupakan olahan roti homemade dengan rasa andalan coklat atau pisang coklat. Roti popon ini bahkan rasanya tidak kalah dengan roti roti yang dijual di mall.

5. Geco

Selanjutnya ada geco makanan khas Cianjur. Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Ciri khas penamaan masakan Sunda yang selalu disingkat singkat dan menghasilkan nama yang unik sehingga mudah diingat.

Geco ini mempunyai rasa yang tidak kalah lezat dengan beberapa makanan khas Cianjur lainnya. Geco sebagai salah satu makanan khas daerah Cianjur ini memiliki tampilan yang mirip dengan kupat tahu.

Hanya saja berbeda pada sajian saus tauconya. Penasaran kan? Sebaiknya anda langsung datang ke Jalan Siti Jenab, Cianjur untuk membuktikan sendiri perbedaan geco dengan kupat tahu sekaligus merasakan langsung ciri khas makanan ini. Satu porsi geco cukup menyembuhkan rasa lapar anda setelah seharian berkeliling Cianjur.

6. Kentang Stick

Kentang stick bisa dibilang cemilan khasnya Cianjur. Rasanya enak dan lezat seperti makanan khas dari Cianjur lainnya. Kentang stick biasanya dihidangkan sebagai makanan ringan saat sedang bersantai bersama keluarga.

Kudapan favorit warga masyarakat Cianjur ini juga menjadi salah satu cemilan yang sering diburu oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat.

Makanan ini terbuat dari umbi kentang yang dipotong kecil memanjang menyerupai stick kemudian diolah dengan cara dimasak dan ditaburi dengan bumbu khas.

Jika anda ingin membeli dan mencicipi sajian kuliner kentang stick khas Cianjur ini, maka anda bisa mampir ke Jalan Yulius Usman Cianjur karena di salah satu tempat di jalan tersebut menyediakan berbagai macam kentang stick yang telah diolah dan dimodifikasi dengan berbagai rasa yang enak dan lezat.

7. Asinan dan Manisan Buah

Cemilan khas Cianjur selanjutnya adalah asinan dan manisan buah. Asinan buah Cianjur terkenal akan rasanya yang enak dan lezat. Asinan buah merupakan oleh oleh khas dari Cianjur yang banyak diburu juga oleh wisatawan. Asinan buah Cianjur sebenarnya mirip dengan asinan yang sama dari Bogor.

Asinan buah ini terdiri dari macam macam buah yang dicampur menjadi satu dalam suatu wadah kemudian disiram menggunakan kuah asinan berbumbu khusus yang khas.

Rasanya sudah pasti sangat enak dan nagih. Terbukti karena hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Cianjur pasti akan membeli asinan buah khas Cianjur ini. Selain asinan, ada juga manisan buah khas Cianjur.

Sama saja dengan asinan, manisan Cianjur juga dibuat dari olahan buah dan sayuran yang bercita rasa asam manis atau asam pedas. Beberapa buah yang sering dijadikan manisan diantaranya adalah salak, kedondong, dan juga mangga. Sedangkan beberapa jenis sayur yang biasa dijadikan manisan diantaranya adalah bayam, sawi, atau terong.

8. Batagor Cianjur

Siapa bilang batagor cuma ada di Bandung? Nyatanya batagor juga menjadi salah satu makanan khas dari Cianjur. Memang sih, batagor ini menjadi kegemaran banyak orang dan mudah ditemukan dimana mana bahkan di luar provinsi Jawa Barat sekalipun.

Karena memang rasanya enak, gurih, dan lezat. Campuran batagor dan siraman kuah bumbu kacang serta tambahan kecap manis dalam satu porsi cukup membuat perut anda yang tadinya lapar menjadi kenyang. Tidak lupa tambahan mentimun atau acar khas yang menambah cita rasa batagor Cianjur ini.

Bisa jadi batagor ini adalah jenis makanan yang menjadi favorit anda. Jika berkesempatan mengunjungi Cianjur, disini ada salah satu warung batagor yang terkenal di Cianjur karena rasanya enak dan harganya sangat murah, sangat pas dengan kantong mahasiswa deh pokoknya. Maka dari itu, anda harus dan wajib mencoba batagor khas Cianjur ini ya.

9. Tauco

Berikutnya ada lagi makanan khas Cianjur tauco. Salah satu merk tauco yang terkenal di Cianjur adalah Tauco Cap Meong yang diproduksi oleh Nyonya Tasma. Bagi anda yang ingin mencoba dan membeli tauco ini, anda bisa datang ke Jalan HOS Cokroaminoto, Cianjur yang merupakan rumah produksi Tauco Cap Meong by Nyonya Tasma ini.

Tauco Cap Meong ini merupakan tauco yang legendaris dan selalu ramai ketika musim liburan tiba. Aroma dari tauco buatan Nyonya Tasma ini harum dan selalu disajikan dengan wadah kuali tanah liat saat panas.

Satu botol tauco Cap Meong dijual dengan harga 15 ribu rupiah saja. Ternyata tauco Cap Meong ini sudah diproduksi sejak tahun 1880 dan masih eksis hingga sekarang. Bahkan bahan dan proses pembuatannya pun masih sama.

10. Kue Moci

Satu lagi cemilan dan oleh oleh khas Cianjur yang terbuat dari campuran kacang tanah dan terigu yang dilumuri tepung dan diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan sajian kuliner yang menggugah selera.

Moci Cianjur biasnaya dijual dalam kotak kotak kecil yang terbuat dari bambu atau dikenal dengan nama besek. Satu kotak biasanya dijual dengan harga 4 sampai 5 ribu rupiah saja. Murah banget ya? Makanya anda harus membeli moci khas Cianjur ini jika sedang berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *