Sambut Lebaran Bersama keluarga di 10 Destinasi Lebaran Cilacap

oleh -371 views

Jakarta – Libur lebaran adalah waktu liburan terpanjang dalam kalender Indonesia. Hari libur terpanjang ini pasti akan menyenangkan jika dihabiskan bersama dengan orang terkasih seperti keluarga.

Nah, apabila mudik ke Cilacap atau sekitarnya, ada baiknya menyambangi 10 destinasi keren di Cilacap. Sehingga #PesonaMudik2019 semakin bermakna.

“Libur lebaran tentu sangat mengasikkan jika bisa menghabbiskan waktu berwisata bersama keluarga. Meskipun cuma ke Alun-alun atau tempat biasa, tentunya menjadi waktu terbaik untuk bersama. Apalagi jika mudik ke Cilacap. Ada banyak destinasi yang siap menyapa,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Mau tahu di mana sajakah 10 destinasi itu? Yuk intip destinasi berikut ini:

1. Kemit Forest

Belakangan ini di sosial media sedang diramaikan dengan yang namanya Kemit Forest Education, sebuah hutan wisata yang terletak di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap.

Sesuai dengan namanya, di Lokasi Kemit Forest Sidareja ini banyak dipenuhi dengan pohon pohon pinus yang menjulang tinggi. Udara sangat segar dengan pemandangan hijau, cocok untuk ngadem melarikan diri dari rutinitas. Terlebih lagi ada banyak spot foto kekinian yang belum lama dibangun. Walau tetap mengandalkan gardu pandang dengan background lanskap alam terbuka, namun bentuknya unik dan menarik.

Memang ketinggianya hanya 200 mdpl, namun viewnya dari sini terlihat bagus. Cobalah naik keatas tree sky./ panggok, kecamatan sidareja yang terdapat banyak pepohonan hijau jadi obyek foto yang menarik. Terdapat banyak spot foto lain yang tak kalah kece seperti sky wings, kursi gantung, sky big. Spot spot tersebut bahkan tidak kalah menarik sama The Lodge maribaya di Bandung.

2. Pulau Momongan

Udah tau pulau momongan? Udah berapa kali berkunjung kesini? Atau malah belum pernah sama sekali karena baru mudik atau emang baru denger nama pulau momongan?

Nah buat yg mau kesini bisa banget nih buat referensi wisata bareng keluarga dan orang-orang tersayang. Liburan ramai-ramai ke sini pasti seru. Silahkan langkahkan kaki ke daerah Jetis. Tepatnya di Desa Wisata Karangbanar, Desa Jetis Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.

Di Desa Jetis ini mau nikmatin pantai bisa, mau menikmati agro wisata buah semangka bisa, mau berburu sovenir bisa, mau berburu kuliner ala seafood yang masih segar juga bisa. Pokoknya apa yang diidamkan pas liburan ke daerah pantai pasti bisa. So jangan sampai gak mampir

3. Wisata Kampung Laut

Cilacap punya spot wisata yang keren. Inilah Kampung Laut, dengan berbagai potensi wisata menarik di sana.

Kampung Laut merupakan sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Cilacap. Kampung laut adalah sebutan dari pemukiman yang berada di kawasan Segara Anakan,yaitu sebuah kawasan perairan yang terletak di daratan Cilacap di bagian Barat Pulau Nusakambangan. Kampung Laut tersebut terdiri dari empat Kelurahan, yaitu Kelurahan Ujung Galang, Ujung Gagak, Kelurahan Klaces, dan Kelurahan Panikel.

Kampung laut yang menjadi tempat wisata di Cilacap jawa tengah ini menyuguhkan keindahan pemandangan seperti kehidupan masyarakat kampung laut yang hidup diatas laut, keindahan hutan bakau, serta terdapat gua karst yang bisa dikunjungi.

4. Desa Wisata Karang Banar

Desa Wisata Karangbanar terletak di desa Jetis, Kecamatan Nusawungu. Berwisata ke tempat ini selalu menarik. Apalagi bagi yang menyukai wisata bahari. Ada berbagai spot pantai yang dapat dinikmati bersama keluargam. Kuliner Hasil Laut boga bahari juga menjadi unggulan di desa ini.

Selain itu seni budayanya pun menarik. Diantaranya Ebeg, Lengger dan Wayang Kulit. Nah event yang paling ditunggu dari desa wisata ini adalah tradisi Sedekah Laut dan Merdi Bumi. Bahkan selalu menjadi buruan wisatawan untuk menikmati Desa Wisata Karangbanar.

5. Hutan Payau

Lokasi hutan payau berada di jalan Nusantara desa Karang Talun, Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap. Tempat ini memiliki 15.000 pohon mangrove berbagai jenis. Mulai dari Tancang (Bruguiera gymnorrhiza), Api-api (Avicennia sp), Bakau Bandul (Rhizophora mucronata) dan Bakau Kacangan (Rhizophora apiculata).

Di lokasi wisata ini, anda dapat menyewa perahu kayu dengan menyusuri area hutan payau. Anda akan dimanjakan dengan berbagai biota hutan dan ekosistem mangrove.

6. Bukit Panorama Ketapang Indah, Dayeuhluhur

Kawasan Dayeuhluhur punya banyak potensi wisata alam (geowisata).Dan jg kaya akan sumber daya alamnya.Hal ini sangat didukung oleh kondisi geologi yg ditinjau secara geologi wilayah Dayeuhluhur terletak dikontur topografi yg tinggi.

Dari tempat ini wisatawan dapat menikmati indahnya Cilacap dari ketinggian. Hamparan hijau membentang membuat nuansa begitu indah. Dijamin hasil foto dari destinasi ini bakal membuat iri siapapun yang melihat.

7. Cidayeuh Canyon, Dayeuhluhur

Destinasi ini menawarkan kesegaran udara yang menakjubkan. Apalagi jernihnya air Cidayeuh Canyon begitu menggoda untuk dijamahi. Begitu jernih dengan dikelilingi hamparan hijau di sekitarnya. Kondisi alam yang masih perawan bisa dipastikan dapat menenangkan pikiran.

Lokasinya berada di Desa Cilumping kecamatan Dayeuhluhur Cilacap Jawa Tengah.

8. Wisata Pesisir Kutawaru

Berwisata tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah saja, tetapi juga bisa melihat bangunan unik. Di Cilacap, traveler bisa melihat kilang minyak lepas pantai yang berukuran raksasa dari Pesisir Kutawaru.

Apalagi jika menikmatinya ketika malam tiba dari atas kapal wisata. Kelap-kelip cahaya dari kilang minyak membuat nuansa semakin romantis.

9. Curug Manik, Majenang

Curug manik berada di Desa Cibeunying, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Letaknya yang berada jauh dari pusat kota Majenang membuat curug ini masih terjaga keasriannya.

Debit airnya cukup besar. Terdapat kolam kecil dibawahnya yang bisa dijadikan tempat bermain air. Belum lagi nuansa hijau khas pegunungan yang membuat curug ini menjadi destinasi yang nyaman untuk menenangkan diri.

10. Taman Bunga Taliasmoro

Taman Bunga Tali Asmoro ini baru diresmikan pada tanggal 8 Oktober 2018. Tempat wisata ini tentunya menambah pilihan tempat wisata yang ada di Cilacap.

Seuai dengan namanya, tempat wisata ini memiliki daya tarik utama berupa taman bunga yang indah. Ada beberapa jenis bunga yang ditanam secara sistematis sehingga indah untuk dilihat. Adapun bunga nga Panca Warna, Tombel Ayam dan juga Bunga Matahari.

Di lokasi Taman Bunga Tali Asmoro ini juga terdapat miniatur Monas yang merupakan salah satu bangunan kebanggaan Indonesia. Adanya miniatur monas ini cukup menarik, karena saat ini kebanyakan tempat wisata lainnya bernuansa luar negeri.

Selain itu, lokasinya yang berada di kawasan pesisir juga menjadikan tempat ini tambah menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *