Serang Punya Banyak Destinasi Untuk Dikunjungi Saat Lebaran

oleh -1.869 views

SUARAJATIM.CO.ID– Selain bersilaturahmi dengan keluarga, libur Lebaran sepertinya lebih asyik kalau diisi degan jalan-jalan. Buat kalian yang ingin berpergian tapi tidak mau jauh dari Jakarta, wilayah Serang adalah pilihan tepat. Terutama saat #PesonaMudik2018. Serang memiliki banyak #PesonaDestinasiLebaran2018 yang bisa dikunjungi. Mulai dari naturenya yang indah, sampai yang bernuansa religi.

“Serang adalah pilihan tepat buat warga Jakarta untuk mengisi libur Lebaran. Alamnya banyak yang bagus. Lokasinya juga dekat dari ibukota. Bisa sekaligus berwisata kuliner. Serang pasti menarik untuk dikunjungi,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (31/5).

Buat kalian yang ingin berwisata ke Serang, berikut panduan #Top10DestinasiLebaran2018 versi TripAdvisor di ibukota Provinsi Banten itu.

1. Masjid Agung Banten

Destinasi religi ini sangat tepat dikunjungi saat Lebaran. Masjid Agung Banten terdapat di Jalan Kagungan, Serang. Masjid ini memiliki arsitekstur luar biasa, meski terkesan sederhana. Bangunan masjid ini serupa dengan sebuah keraton kesultanan. Karena disekelilingnya ada kolam dan bangunan lainnya. Salah satu daya tarik utama masjid ini adalah menaranya yang tinggi besar. Selain itu, di areal masjid ada makam Pangeran Aryadilah, putra dari Sultan Maulana Hasannudin.

2. Banten Lama

Banten Lama adalah kawasan wisata yang sangat populer. Kawasan Banten Lama adalah saksi sejarah yang tidak bisa dihapuskan. Lokasinya sangat bersejarah. Bukan hanya untuk warga Serang atau Banten, tapi juga Bangsa Indonesia. Banten Lama ini juga menjadi bukti kehebatan Banten di masa lalu.

Banten Lama memiliki sisa-sisa kerajaan Banten tempo dulu. Selain itu, ada juga benteng peninggalan Belanda. Di dalam benteng ini kita bisa menemui sejumlah makam era perang penjajahan. Menariknya, di benteng ini juga ada batu nisan dengan tulisan China.

Saat ini, bangunan bersejarah yang ada di Jalan Banten, Serang, menjelma menjadi destinasi wisata. Tak sedikit anak-anak muda menjadikan bangunan ini sebagai lokasi selfie.

3. Keraton Kaibon

Satu lagi situs masa lalu yang mencerminkan jika Banten adalah bangsa besar dan pernah berjaya. Keraton Kaibon yang menjadi cagar budaya, ada di Jalan Kasunyatan, Kesemen, Serang. Dengan puing-puing asli yang berserakan, keraton ini justru instagramable. Banyak spot cantik yang terbentuk secara alamiah. Sayang sekali jika tidak mengunjungi keraton ini saat Lebaran.

4. Pelabuhan Karangantu

Pada masanya, Pelabuhan Karangantu mempunyai peran yang sangat penting buat Kesultanan Banten. Bahkan, jalur Karangantu disebut sangat penting bagi pelayaran masa lalu. buktinya, jalur melalui Pelabuhan Karangantu juga dijelaskan dalam dokumentasi Museum De Macau.

Namun, Pelabuhan Karangantu berubah menjadi dermaga untuk mengantarkan wisatawan menyeberang ke sejumlah pulau. Seperti Pulau Tiga, Pulau Empat, dan Pulau Lima. Pelabuhan Karangantu juga memiliki Hutan Mangrove yang indah untuk berfoto.

5. Pantai Labuan

Pantai ini berada di Jalan Raya Labuan. Tepatnya berada di antara Cilegon, Anyer, dan Serang. Pantai Labuan terkenal dengan kebersihannya. Selain itu. Tempatnya juga cukup tenang. Tidak bising. Salah satu momen paling spesial dari Pantai Labuan adalah sunsetnya. Sangat jelas dan sangat indah. Tak heran jika banyak pengujung yang ingin balik lagi ke tempat ini. Karena, privasi sangat terjaga.

6. Pulau Tunda

Pulau Tunda memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Selain itu, pantainya juga bersih dan sangat menggoda. Keindahan Pulau Tunda sangat lengkap. Dari darat hingga dalam laut. Di darat, pesona sunsetnya sangat luar biasa.

Tapi kalau ingin yang lebih luar biasa, cobalah snorkling. Karena di dalamnya, banyak biota laut yang indah dan sangat alami. Seperti bintang laut yang berwarna biru, juga ikan nemo yang selalu menjadi incaran untuk selfie. Terumbu karangnya juga dahsyat. Dijamin bikin ketagihan.

7. Vihara Avalokitesvara

Ini memang lokasi untuk beribadah. Namun, vihara ini juga telah menjelma menjadi destinasi yang sering dikunjungi di Serang. Kehadiran Vihara Avalokitesvara mempertegas toleransi dan kebhinekaan umat di Kota Serang. Kota yang selalu damai dan erat dengan kebersamaan.

8. Pantai Ciputih

Kalau urusan pantai, Serang mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia. Banyak spot indah yang belum tergali. Salah satunya adalah Pantai Ciputih. Tak banyak yang mengetahui lokasi pantai yang bisa ditempuh lewat Cibaliung yang mengarah ke Ujung Kulon ini. Pantai Ciputih lebih tepat disebut sebagai surga tersembunyi. Airnya jernih, pantainya sangat bersih. Suasananya sejuk dan sangat indah. Lokasi yang cocok dinikmati dengan keluarga.

9. Danau Tasikardi

Danau yang berada di areal Taman Rekraasi Tasikardi ini adalah lokasi tepat untuk menghapus penat. Datang bersama teman atau keluarga sangat direkomendasikan. Danau buatan ini, juga dilengkapi taman untuk bersantai, atau curhat dengan gebetan. Kalau ingin mencobanya, datang saja ke Jalan Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Serang.

10. CAS Waterpark

Waterpark selalu menjadi keluarga yang ingin mengisi libur Lebaran. Waterpark memang seru jika didatangi beramai-ramai. Karena, lokasinya memang untuk bermain. Khususnya dengan air. Tak heran jika waterpark menjadi favorit anak-anak. Salah satu yang direkomendasikan adalah CAS Waterpark di Jalan AMD, Pandeglang. Tempat ini selalu ramai. Ember tumpah manjadi salah satu unggulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *