Eksotika Bromo 2024 Tampilkan Kearifan Lokal Berbalut Keindahan Alam Jawa Timur

oleh -664 views
oleh

Eksotika Bromo kembali digelar di lautan pasir Gunung Bromo, Kabupaten
Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (27/7). Event ini menampilkan seni dan budaya
yang berpadu dengan keindahan alam Jawa Timur.

Eksotika Bromo mengangkat tiga elemen kehidupan manusia, yaitu “Tengger dan
Budayanya, Bromo dan Alamnya, Jawa Timur dan Keseniannya.” Sebagaimana
Tengger menjadi budi luhur manusia sederhana yang dapat menghanyutkan segala
nyaman yang tak ada di kota lainnya.
Pada perayaan Eksotika Bromo tahun ini, Ruwat Rawat Segoro Gunung menjadi
tema event yang mengangkat suatu peringatan Tri Hita Karana yang dijunjung tinggi
oleh Masyarakat Suku Tengger, yaitu dengan Meruwat dan Merawat Alam sebagai
media pengabdian Hidup terhadap Sang Pencipta. Eksotika akan memberikan
pengalaman spiritual melalui ekspresi budaya yang menyatu dengan keindahan
alam.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno menyampaikan,
event yang berlangsung 27-28 Juli 2024 ini, memberikan pengalaman spiritual
melalui ekspresi budaya yang menyatu dengan keindahan alam.

“Saya mengapresiasi event ini karena berkaitan dengan alam yang ada di sekitar
kita yang dibalut dengan kearifan tradisi lokal dan atraksi budaya nusantara. Ini
merupakan pengalaman unik, terima kasih telah berpartisipasi dalam meningkatkan
pariwisata kita,” ungkap Menteri Parekraf.
Menparekraf Sandiaga juga membuka event tersebut dengan membacakan puisi
Kidung Tengger yang merupakan salah satu kearifan lokal setempat.

Lebih lanjut, Menteri Parekraf juga mengapresiasi kolaborasi dan sinergi antara
budaya kearifan lokal dengan ekonomi kreatif yang dapat menggerakkan
perekonomian daerah dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Eksotika Bromo 2024 telah ditetapkan sebagai salah satu acara terbaik Indonesia
yang terpilih ke dalam salah satu dari 110 agenda Karisma Event Nusantara (KEN)
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), program strategis
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi
pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan
wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Tentang Karisma Event Nusantara 2024 Sebagai program strategis untuk mendukung dan mengembangkan event di seluruhI ndonesia, Karisma Event Nusantara “KEN“ memiliki visi untuk menjadikan events ebagai atraksi wisata unggulan di Indonesia. Salah satu strategi yang dilakukan Untuk mewujudkan visi tersebut adalah melalui kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan daerah di dalam menyelenggarakan event yang berkualitas.

Karisma Event Nusantara 2024 Terdiri dari 110 events pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 38 provinsi di Indonesia. Proses penilaian dilakukan berdasarkan pada lima (5) bidang

yaitu: (1) adalah aspek ide dan inovasi, (2) pemasaran dan strategi komunikasi, (3)aspek manajemen kegiatan, (4) aspek manajemen keuangan serta (5) aspek analisis dampak.

Tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Didorong oleh visi untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melakukan berbagai terobosan untuk terus menumbuhkan pariwisata dan industri kreatif di Indonesia.

Fokus dari strategi Kemenparekraf dalam pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu mengembangkan sektor pariwisata nasional dan pemasaran dengan berorientasi pada pasar internasional serta memperkuat kemampuan pelaku ekonomi kreatif dalam pengembangan produk ekonomi kreatif sehingga dapat berdaya saing tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *