Membanggakan! Mahasiswa ITNY Raih Prestasi Penulis Terbaik Ajang National Paper Competition 2024

oleh -125 views
oleh

YOGYAKARTA – Prestasi kembali ditorehkan oleh Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). Kali ini, prestasi dicetak mahasiswa Teknik Sipil ITNY yang bernama Ardy Mansyah berhasil meraih gelar penulis esai mahasiswa pada National Paper Competition 2024.

Kompetisi ini diselenggarakan secara daring oleh Indonesia Education Center di bawah naungan CV Aeternum Indonesia pada 4-17 Maret 2024 di Bandar Lampung.

Ada dua kategori yang dilombakan, yakni kategori pelajar dan kategori mahasiswa. Masing-masing kategori diambil juara umum, juara favorit, penulis terbaik, dan Honorable Mention Award.

Pada event bergengsi tersebut, Ardy mengambil judul “Reuse Limbah Keramik sebagai Substitusi Agregat Halus dengan Tambahan Lane Anadara Grandis Shell”.

Ardy mengucap syukur berhasil meraih prestasi pada ajang yang diikuti 198 peserta dengan 250 karya dalam kategori pelajar dan mahasiswa itu.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih predikat penulis terbaik esai kategori mahasiswa, meskipun saya tidak menyangka karena peserta dan karya yang banyak sekali. Hal ini menjadikan saya lebih termotivasi untuk mengembangkan bakat di bidang menulis,” ucap Ardy, Minggu (24/3/2024).

Dijelaskan Ardy, fokus utama dari tulisannya adalah mendapatkan beton mutu tinggi dan bernilai ekonomis dengan pemanfaatan limbah keramik dan lane dari cangkang kerang anadara grandis.

“Saya mengusulkan pemanfaatan limbah keramik sebagai substitusi untuk pasir dan lane dari limbah cangkang kerang sebagai pengganti sebagian semen,” terang Ardy.

Bukan tanpa alasan hal itu disampaikan Ardy. Menurutnya, hal ini dilakukan seiring dengan mulai terjadinya kelangkaan pasir sebagai agregat halus dan kenaikan harga semen.

“Karena kedua kondisi ini (kelangkaan pasir dan kenaikan harga semen) akan membatasi kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan,” jelas mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2021 itu.

Untuk diketahui, selain menulis, Ardy juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Bahkan, Ardy juga sering menjuarai Kejuaraan Nasional Taekwondo, yang merupakan olahraga kegemarannya.

“Selain sibuk di olahraga bela diri Taekwondo, saya juga ingin mengembangkan tulisan saya. Karena sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk bisa menulis. Ajang ini merupakan uji coba inovasi untuk lomba-lomba selanjutnya, serta merupakan pengembangan ide dalam berinovasi,” pungkas Ardy.(*)

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan kampus ITNY silahkan kunjungi web resminya dengan meng-klik http://itny.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *