Ini Dia Pilihan Berwisata di Indramayu Saat Lebaran

oleh -1.191 views

SUARAJATIM.CO.ID – Indramayu menawarkan #PesonaDestinasiLebaran2018 yang siap dieksplorasi pada libur Lebaran ini. Berada di jalur Pantai Utara, Indramayu menjadi jalur utama pemudik menuju Jawa Tengah. 

Dengan tempat wisatanya yang beragam, Indramayu sangat menarik untuk dikunjungi. Tepat untuk mewarnai #PesonaMudik2018 Anda.

“Destinasi pariwisata Indramayu ini cukup lengkap dan dekat dengan Cirebon. Wisatawan harus merasakan berbagai sensasi dan keramahan yang ditawarkan pada libur Lebaran nanti. Pokoknya ini serba luar biasa. Jangan Lupa singgah ke Indramayu saat mudik Lebaran nanti ,” ujar Menpar Arief Yahya.

Sebagai bahan referensi, berikut #10TopDestinasiLebaran2018 di Indramayu yang bisa dijadikan destinasi wisata asyik ketika mudik.

1. Taman Cimanuk Indramayu

Tempat wisata keluarga di Indramayu ini berada di pinggiran sungai Cimanuk. Tepatnya di Jalan Veteran, belakang Masjid Agung Indrmayu. Taman Cimanuk termasuk tempat nongkrong di Indramayu. Karena terbuka untuk umum, tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk bermain di taman Cimanuk, Indramayu ini.

2. Waterboom Bojongsari

Tirtawisata ini berada di Lokasi Waterboom Bojongsari Indramayu (WBI) berada di Jl. Bojong Sari, Indramayu. Tempat wisata wahana air di Indramayu ini menawarkan fasilitas kolam renang, bungee trampoline, waterboom, kolam arus hingga karaoke. Harga tiket masuk ke tempat liburan di Indramayu ini sebesar Rp 10.000 – Rp 15.000  dan buka setiap hari dari jam 09.00-17.00.

3. Waduk Cipancuh Indramayu

Tempat wisata Waduk Cipancuh mempunyai luas area sekitar 70 hektare. Sedangkan secara tata administrative negara, Waduk di Indramayu berada di Desa Situraja, Gantar, Indramayu.

Sebenarnya dibuat untuk keperluan irigasi persawahan. Namun, karena pemandangannya yang elok, Waduk Cipancuh, Indramayu ini kini menjadi salah satu obyek wisata murah di Indramayu. Tidak dikenakan tiket masuk ke Waduk Cipancuh ini, karena merupakan tempat wisata umum.

4. Pulau Biwak

Meski terkenal Pulau Biawak, masih terdapat pula dua pulau lainnya yang hampir mirip keadaannya dengan Pulau Biawak ini. Tempat wisata Pulau Biawak Indramayu ini terkenal karena banyaknya hewan biawak yang mendiami hampir di seluruh pulau.

Selain itu, pemandangan Pulau Biawak itu sendiri juga cukup indah untuk dikunjungi. Terdapat sebuah mercu suar tua membantu lalu lintas pelayaran di sekitar Indramayu ini.

Konon, mercu suar ini telah ada sejak zaman penjajahan dahulu. Dua pulau lainnya yang berada di sekitar tempat wisata Indramayu Pulau Biawak adalah Pulau Gosong dan Pulau Candikian.

5. Pantai Tirtamaya

Lokasi geografis Pantai Tirtamaya ini berada di terletak di Desa Juntinyuat, Juntinyuat, Indramayu. Pantai ini mempunyai jarak sekitar 20 kilometer dari kota Indramayu. Selain itu, pantai di Indramayu ini adalah salah satu tempat wisata alam terfavorit di Indramayu. Untuk mengunjungi pantai Tirtamaya, Indramayu ini akses jalannya sudah sejak lama diperbaiki.

Wajar, karena tempat wisata ini telah dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Sampai saat ini keadaannya semakin lama semakin bertambah bagus

6. Hutan Mangrove Karangsong

Destinasi ini merupakan salah satu tempat wisata favorit baru di Kabupaten Indramayu. Tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong ini berlokasi di Desa Karangsong, Indramayu.

Di objek wisata indramayu Jawa Barat ini anda bisa berkeliling hutan mangrove. Yaitu dengan menggunakan ojek perahu yang bisa kita sewa.

7. Situs Buyut Banjar

Destinasi ini terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Tempat ini konon adalah makam pendahulu desa ini, yaitu Pangeran Surya Negara. Konon, pangeran ini adalah utusan dari Sunan Gunung Jati untuk memperbaiki keadaan masyarakat sekitar.

Di percaya, di makam ini terdapat monyet yang berjumlah 41 ekor yang jumlahnya selalu tetap. Batu-batu besar yang ada di pinggir pantai Lemah Abang, Indramayu ini, seperti yang ada di pantai Glagah, Yogyakarta. Selain bisa menikmati pemandangan alam pantai, di tempat ini kita juga bisa berwisata kuliner menikmati sajian khas laut.

8. Pantai Glayem

Pantai di Indramayu ini sebenarnya kurang cocok untuk bermain ombak, dikarenakan terlalu besar. Meski demikian, sekarang telah dibuat pemecah ombak, sehingga ombak di Pantai Glayem, Indramayu ini menjadi lebih aman.

Terlebih untuk dipakai bermain ombak bersama anak-anak. Anda dapat mengajak kenalan anda, keluarga, bahkan kolega anda untuk mengunjungi tempat wisata pantai di Indramayu ini.

Untuk pergi ke sana, anda dapat menggunakan kendaraan umum, meski agak sedikit merepotkan. Tiket masuk ke tempat wisata Pantai Blayem, Indramayu ini sebesar Rp 3.000,00. Masih terbilang murah bukan?

9. Waduk Cipancuh

Objek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Indramayu adalah Waduk Cipancuh. Selain berfungsi sebagai objek wisata Indramayu terbaru, Waduk Cipancuh menjadi sumber untuk irigasi sawah yang ada di Kabupaten Indramayu.

Waduk Cipancuh berlokasi di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. Waduk Cipancuh yang dibangun saat era Kolonial Belanda pada tahun 1927 memiliki luas yaitu 70 hektare.

10. Pantai Lemah Abang

Kabupaten Indramayu yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara memiliki banyak pantai. Pantai-pantai yang berada di pesisir Kabupaten Indramayu menyuguhkan keindahan yang bisa dinikmati selagi dalam perjalanan menyusuri jalur Pantura seperti Pantai Lemah Abang. Pantai Lemah Abang berada di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eratan, Kabupaten Indramayu.

Di Pantai Lemah Abang pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang berisi batu-batu besar yang sengaja diletakkan guna mencegah abrasi air laut. Pengunjung juga tidak perlu takut kelaparan karena Pantai Lemah Abang terkenal dengan seafood-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *