Lebaran di Lombok, Ini 10 Destinasi Wisata Unggulannya

oleh -1.673 views

SUARAJATIM.CO.ID– Libur Lebaran menjadi salah satu momen yang tepat untuk pergi berwisata bersama keluarga tercinta. Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulaunya indah, pemandangan alamnya yang istimewa. Banyak pantai berpasir putih, dan air laut yang sangat jernih.

Lombok pun merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata Indonesia yang dijuluki sebagai “Bali baru”.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Lombok sangat cocok dijadikan tujuan wisata untuk mengisi #PesonaMudik2018.

“Lombok sekarang dibangun sebagai destinasi utama. Karena itu, ke depan pasti akan dibangun berbagai sarana prasarana yang bertaraf internasional,” kata Arief Yahya, Senin (4/6).

Banyak destinasi wisata unggulan di Lombok yang bisa dinikmati dalam #PesonaDestinasiLebaran2018. Dan untuk menjangkau destinasi tersebut lokasinya tidak terlalu sulit. Jalan di Lombok sudah membaik, tinggal akses dan amenitas yang harus dikebut.

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Lombok yang bisa dinikmati saat libur lebaran.

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terletak di pesisir sebelah barat Pulau Lombok. Walaupun tidak sebesar Pantai Kuta Bali, namun saat berada di Pantai Senggigi, Anda akan merasa seperti berada di Pantai Kuta. Pemandangan pantai dan bawah lautnya sangat indah.

Wisatawan dapat ber-snorkling ria di sini karena ombaknya tidak terlalu besar. Ini disebabkan terumbu karangnya menjulang ke tengah sehingga ombak besar akan pecah di tengah. Anda juga dapat bermalam di sini sebab di sekitar pantai banyak terdapat hotel-hotel dengan harga terjangkau.

2. Batu Bolong

Batu Bolong masih terletak di Pantai Senggigi, jaraknya hanya sekitar setengah jam jika ditempuh dari Pantai Senggigi dengan berjalan kaki. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai.

Menurut legenda masyarakat setempat, tempat ini dahulu merupakan tempat pengorbanan wanita perawan untuk dijadikan santapan ikan hiu. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

3. Batu Layar

Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama dan merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Meski demikian, Batu Layar menjadi salah satu objek wisata di Lombok yang ramai dikunjungi pada saat Lebaran topat, yang merupakan Lebaran bagi orang yang berpuasa satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

4. Pulau Gili Lombok

Gili merupakan sebutan untuk pulau-pulau kecil yang terletak di sekitar pulau utama Lombok. Dari sekian banyak pulau-pulau kecil, ada tiga Pulau Gili di Lombok yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan yang berada di lepas barat Pulau Lombok.

Ketiganya memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantai yang putih bersih dan air lautnya yang sangat jernih. Kawasan di sekitar tiga pulau ini dikenal memiliki taman laut yang sangat indah dan menjadi habitat berbagai hewan laut.

5. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong terletak di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, sekitar 60 kilometer dari Kota Mataram. Pantai ini dikelilingi perbukitan yang melingkar tak jauh dari pinggir pantai. Lautnya yang biru dan pantainya yang putih menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata di Pulau Lombok yang wajib dikunjungi. Pantai Sekotong ini masih asri, bebas polusi dan belum banyak dijamah manusia.

6. Tamana Nardama

Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Taman dengan luas 2 hektare ini dibangun pada 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

7. Gili Nanggu

Selain tiga Gili di atas, ada lagi satu Pulau kecil yang menjadi incaran wisatawan yaitu Gili Nanggu. Di Pulau kecil berterumbu karang dangkal ini tersedia penginapan yang katanya milik perorangan. Di sini Anda bisa menikmati terumbu karang yang berjarak hanya sekitar lima meter dari pantai, komplet dengan ikan hias berwarna-warni.

Bagi Anda yang senang berwisata bahari, menyelam, berjemur di pantai, atau rileks di tempat yang bernuansa alami, datanglah menginap di Gili Nanggu. Pulau seluas 12,5 hektare di barat Lombok ini dikelola dengan konsep forest atau virgin island, sehingga masih memiliki alam yang asri dan alami. Ketenangan dan keasriannya menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat kunjungan rutin banyak tamu mancanegara. Gili Nanggu sendiri sering dijuluki Paradise Island.

8. Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila (Sendang Gile) merupakan air terjun yang muncul dari atas tebing dengan ketinggian kurang lebih 32 meter dan terdiri dari dua bagian. Bagian atas hanya terdapat satu jalur air, dan bagian bawah keluar dari beberapa sumber air.

Sentuhan alamnya tergolong masih jauh dari nuansa perkotaan, melainkan menyajikan panorama asri dan cukup menawan. Konon, air yang ada di lokasi ini memiliki unsur magis. Airnya dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usia yang sebenarnya.

9. Pantai Kuta

Pantai Kuta memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pantai ini memiliki pasir putih dihiasi dan air laut berwarna biru dengan gradasi hijau dikarenakan habitat bawah lautnya masih sangat terjaga kelestariannya. Ombak yang lumayan besar juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu surga bagi para pencinta surfing,baik itu para surfer lokal maupun internasional.

10. Gunung Rinjani

Gunung Rinjadi merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di bawah permukaan laut. Ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Di sini juga terdapat danau yang sangat indah yaitu Danau Segara Anak

Di danau ini banyak terdapat ikan sehingga orang datang ke sana bukan saja menyaksikan keindahan alamnya, tapi juga ingin merasakan pengalaman memancing di tengah pegunungan yang tenang dan sejuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *