Serunya Wisata Kuliner Ala Pantai di Kota Ambon Manise

oleh -1.544 views

SUARAJATIM.CO.ID– Sebagai ibukota Maluku, Kota Ambon memiliki banyak keunggulan. Seperti alam yang eksotis, kota yang keren, orang-orang yang ramah, juga kulinernya yang nikmat. Untuk urusan terakhir, karena Ambon dikelilingi pantai, sea food menjadi menu andalan di sini.

Nah, ada nih satu lokasi kuliner sea food di Ambon yang ajib banget. Rasanya juara. Karena bahan dasarnya sangat segar. Harganya murah. Tempatnya mudah dijangkau. Dan pilihan menunya sangat beragam. Lokasi tersebut dikenal dengan nama Amplaz. Sepintas, mirip dengan kuliner sea food di Pantai Depok, Yogyakarta. Bedanya, wisata kuliner Amplaz ini berada di tengah kota!

Amplaz sendiri adalah singkatan dari Ambon Plaza. Namun, sesungguhnya kuliner ini berada di Jalan Sam Ratulangi. Atau berada di pusat Kota Ambon. Wisata kuliner ini hanya buka malam hari. Amplaz selalu menjadi pilihan wisatawan. Karena, meski berkonsep kaki lima, rasanya seperti hotel bintang lima.

“Kuliner sea food di Ambon adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Karena, bahan-bahannya sangat segar. Selain itu, Ambon juga kaya akan rempah-rempah. Kekayaan rempah-repah Ambon ini sudah mendunia. Bahkan di masa lalu, masyarakat Eropa datang ke Ambon untuk mendapatkan rempah-rempah tersebut,” kata Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Sumarni.

Seperti halnya di Pantai Depok, para pedagang di Amplaz juga memajang bahan dasar mereka. Yaitu aneka ikan, cumi, udang yang segar-segar. Tujuannya untuk menarik pengunjung.

Sebelum makan, kita bisa memilih bahan yang kita suka. Mau ikan, udang, atau cumi, semua dijamin fresh. Setelah itu, baru kita bisa memilih menunya. Apakah akan dibakar, goreng dan lainnya. Semua menu olahannya recommended guys. So, jangan khawatir. Mau goreng atau bakar, sama lezatnya. Tinggal sesuaikan saja dengan minat kalian.

“Saya rasa wisata kuliner di Ambon ini bisa menjadi pilihan. Karena bisa didatangi keluarga. Berbagai pilihan ikan juga ada. Mulai dari kakap, kerapu, dan lainnya. Sangat istimewa. Apalagi harganya juga terjangkau. Sangat tepat untuk didatangi bersama keluarga dan rekan,” papar Sumarni.

Wisata kuliner di Jalan Sam Ratulangi ini memang luar biasa. Selalu ramai. Dengan lokasinya yang berada di tengah kota, unsur 3A pun menjadi penunjang utama.

Di sekitar Jalan Sam Ratulangi Ambon, ada sejumlah hotel. Pilihan harganya pun beragam. Jadi, tidak perlu khawatir kehabisan amenitas jika berada di Ambon. Untuk mencapai Ambon, ada sejumlah maskapai, seperti Garuda Indonesia, membuka direct flight dari Jakarta. Tapi, tak jarang kita harus transit di Makassar dengan maskapai lain.

Ambon sebenarnya memiliki pilihan angkutan kota. Hanya saja, karena wisata kuliner ini buka malam hari, taksi atau rental sewa mobil menjadi pilihan terbaik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menilai Kota Ambon mempunyai sejumlah potensi untuk diangkat. Mulai dari nature, culture, hingga manmade. “Ambon itu keren. Banyak destinasi alam yang bisa digali. Apalagi mereka juga mempunyai culture yang bagus,” katanya.

Mengenai kuliner, Arief Yahya mengaku Ambon memiliki kelebihan untuk urusan sea food. “Mereka hidup di alam yang sebagian besar pantai. Bahkan, Kota Ambon dikelilingi pantai. Jadi saya sangat yakin kuliner sea food di Ambon adalah yang terbaik,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *