Maksimalkan Kinerja, Koordinasi dan Workshop Konsultan IPDMIP Digelar di NTB

oleh -124 views
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

MATARAM – Para konsultan proyek Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) di NTB dan NTT mengikuti kegiatan Koordinasi dan Workshop Tingkat Regional, 28-30 September 2020 di Hotel Jayakarta, Jln. Jendral Sudirman No.22A Rembiga, Mataram – NTB.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan koordinasi harus dilakukan untuk memaksimalkan proyek IPDMIP.

“Dengan koordinasi dan workshop, pelaksanaan IPDMIP akan lebih maksimal, akan lebih baik lagi. Konsultan juga bisa lebih maksimal dalam menyampaikan materi, dan kita harapkan bisa lebih tepat sasaran,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, mengatakan hal serupa.

“Tujuan IPDMIP adalah untuk meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di sekitar Daerah Irigasi, dan juga meningkatkan kesejahteraan petani. Oleh karena itu, koordinasi harus dilakukan agar IPDMIP bisa lebih baik. Dan lewat workshop, konsultan akan mendapatkan bekal untuk memberikan materi yang bisa diimplementasikan petani,” katanya.

Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) BPPSDMP Kementan Leli Nuryati, mengaku yakin koordinasi bisa membantu konsultan untuk memperlancar tugasnya.

“Hal ini menjadi penting karena IPDMIP juga diharapkan bisa mendukung target swasembada beras sesuai dengan Program Nawacita,” katanya.

Menurut Leli Nuryati, IPDMIP dirancang untuk mendukung upaya Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas pertanian.

“Komitmen ini diwujudkan melalui meningkatkan produktivitas padi, merehabilitasi 3 juta hektar jaringan irigasi, mencetak 1 juta hektar sawah beririgasi, menjamin tersedianya air untuk irigasi, serta meningkatkan infrastruktur pertanian,” katanya.

Sementara Team Leader (TL) para konsultan di daerah, Sukmawati, IPDMIP dirancang untuk mewujudkan sasaran pembangunan pertanian di Indonesia.

“Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk mencapai swasembada beras. Untuk itu, diperlukan upaya yang besar untuk meningkatkan produktivitas padi. Peran irigasi sangat penting untuk meningkatkan produksi padi,” katanya.(AY/EZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *