Gresik Punya Kuliner Ciamik Yang Bisa Didatangi Saat Musim Mudik

oleh -541 views

JAKARTA – Gresik salah satu kota di Jawa Timur, dikenal dengan pabrik semennya. Namun, Gresik juga punya kuliner enak buat dinikmati. Untuk Anda yang mau menjalani #PesonaMudik2019, selayaknya mesti tahu kuliner nikmat dari kota ini.

Kuliner di Gresik beragam menunya. Mulai dari yang tradisional sampai yang disukai kaum milenial. Tentu ini membuat kuliner di Gresik jadi berwarna. Hal ini jelas membuat Anda yang gemar kuliner bisa memiliki banyak pilihan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, anak-anak muda mesti rajin mempromosikan kuliner di daerahnya, termasuk di Gresik. “Promosikan destinasi-destinasi wisata kuliner yang ada di daerahnya masing-masing melalui program Millenial Tourism Corner,” ungkap Arief.

Arief lebih lanjut menjelaskan, portofolio bisnis pariwisata di Indonesia, 60 persen orang datang karena faktor budaya. Dari 60 persen itu, 45 persen uangnya digunakan untuk kuliner dan belanja. “Karena itu, mencicipi masakan Indonesia itu bisa menjadi teaser atau promosi pembuka sebelum mereka terbang ke Indonesia,” ujar Arief.

Biar lebih jelas, berikut ini 10 tempat kuliner paling ngetop di Gresik.

1.Nasi Krawu
Irisan daging sapi manis, srundeng kelapa, dan nasi sungguh lezat disantap saat perut minta digoda. Ya, itulah nasi krawu asal Gresik yang sudah dikenal di tingkat nasional.

Di Gresik ada banyak penjual nasi krawu. Salah satunya nasi krawu Bu Timan yang memadukan nasi, potongan daging, dan sambal terasi. Dijamin bakal bikin ketagihan. Di mana gerai Bu Timan? Adanya di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Dahanrejo, Kebomas, Gresik.

2. Sego Roomo
Sego Roomo berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Banyak orang Gresik menyebutnya bubur Roomo. Tekstur yang lembut membuatnya mirip dengan bubur nasi.
Kudapan ini disajikan di atas wadah daun pisang. Lalu disiram dengan sayur, krupuk, dan diberi bubur berwarna kuning, Nah bubur berwarna kuning ini diberi nama roomo. Lalu, pada bagian atasnya diberi koya yang terbuat dari parutan kelapa goreng dan sambal. Rasanya ciamik, ada gurih dan pedasnya.

Salah satu penjual sego roomo adalah Mbah Waroh. Ia berjualan di ujung Kelurahan Karangpoh, Kabupaten Gresik.

3. Warung Bang Aji
Gresik punya tempat makan yang selalu diantre pengunjungnya ketika makan siang. Tempat itu adalah warung Bang Aji yang berada di jalan Arief Rahman Hakim, depan SMAN 1 Gresik, Gresik.

Salah satu menu andalannya adalah nasi kresengan. Rasa gurih nasi dicampur bumbu dan bahan lainnya, bikin air liur menetes. Tak hanya itu, di warung ini Anda juga bisa menikmati soto ayam dan nasi goreng.

4. Bakso Jemblong
Bakso di Indonesia makanan yang sangat populer. Termasuk di Gresik. Ya salah satu warung bakso terkenal itu adalah warung Bakso Jemblong. Bakso urat besar dipadu cabe rawit sungguhlah nikmat dicicipi.

Kalau mau menu lain, Anda bisa makan bakso isi telur asin. Ajib. Tertarik mencoba? Datang saja ke warung Bakso Jemblong di jalan Arif Rahman, Pasar Senggol Gresik.

5. Bakso Kikil Pak Irsyad
Bakso di Gresik yang juga disukai banyak orang adalah Bakso Kikil Pak Irsyad. Tempatnya selalu ramai dikunjungi. Rasa kuah yang gurih dan bakso yang empuk membuat tempat ini selalu bikin kangen buat didatangi.

Bakso bercampur kikil dan balungan juga jadi menu andalan di kedai ini. Rasa khas yang gurih dan pedas membuat bakso kikil asyik buat dinikmati. Kedainya berada di jalan Dr Wahidin, tepat di depan kantor Pemda Kabupaten Gresik.

6. Sego Babat Mbak Maella
Kalau mau makan nasi campur babat dan usus, Anda mesti coba warung Sego Babat Mbak Maella. Warungnya buka jam 16 dan selalu ramai dikunjungi banyak orang.

Rasa babat yang gurih plus pedas menjadikan makanan ini lezat untuk dinikmati. Untuk minumnya tersedia es jeruk dan es teh. Asyik. Warung ini berada di jalan KH Hasyim Asy’ari, Kalitutup, Gresik

7. Mie Ayam Pak Sakim
Penggemar mie ayam mesti coba racikan menu Mie Ayam Pak Sakim. Ya, warung mie ayam ini menjadi salah satu tempat makan favorit di Gresik. Cek saja di Instagram, banyak komentar positif tentang tempat ini. Kaum milenial kota Gresik suka dengan mie ayam ini.

Satu porsi mie ayam, dengan pangsit garing membuat lidah Anda bergoyang nikmat. Jika mau makan, datangi saja kedai Mie Ayam Pak Sakim di jalan Sunan Giri, Gresik.

8. Pucoki House
Kalau siang hari apalagi matahari begitu menyengat, paling pas ya makan es krim. Mau? Iya, datangi saja café Pucoki House di jalan I Kalimantan, GKB, Gresik. Tempat ini terkenal di kalangan anak muda Gresik yang ingin menikmati kudapan modern.

Di café ini tersedia beragam menu es krim. Antara lain, es krim Taro, Matcha, Red Velvet dan lainnya. Ditanggung bakal bikin menetes air liur Anda ketika melihatnya. Mau lebih jelas, silakan sambangi Instagramm @pucoki.

9. Bledeg Café & Resto
Tempat ini asyik buat dipakai untuk kumpul bersama. Ya, anak muda Gresik kerap makan di Bledeg Café dan Resto. Mereka kerap menggelar pesta ulang tahun atau kumpul bersama di café ini.
Makananya beragam, mulai dari menu mie, nasi dengan lauknya, sampai es krim. Asyik tempatnya luas. Kalau mau berkunjung datang saja ke jalan Usman Sadar, Gresik atau lihat saja Instagram @bledegcaferesto.

10. Rumah Makan Bandeng Pak Elan II
Otak-otak dari ikan bandeng adalah salah satu menu andalan rumah makan Bandeng Pak Elan II. Rumah makan yang berada di jalan Veteran, Gresik ini menjadi salah satu tempat favorit banyak orang. Kumpul bersama sambil menikmati olahan bandeng.

Menu lainnya berupa bandeng tanpa duri, bandeng bakar, pepes, presto, dan lainnya. Jadi kalau Anda penyuka ikan jangan lewatkan untuk makan di tempat ini. Mantap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *