Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi DI Sumedang Saat Mudik

oleh -1.655 views

SUARAJATIM.CO.ID– Wisata kuliner di Kota Sumedang seakan tak pernah mati. Dari mulai kuliner kekinian sampai kuliner tradisional sama nikmatnya. Karena itu pula Sumedang menjadi incaran wisatawan untuk berwisata. Termasuk pada libur Lebaran.

Selain tahu, Sumedang juga memiliki berbagai macam kuliner yang dapat anda cicipi. Yang pasti kuliner Sumedang siap melengkapi #PesonaMudik2018.

“Kuliner merupakan bagian tak terpisahkan dari pariwisata. Apa lagi Sumedang. Dari ikon daerahnya saja sudah kuliner, yaitu tahu Sumedang. Jadi wajar jika Sumedang kaya dengan #PesonaKulinerLebaran2018,” kata Menpar Arief Yahya, Senin (4/6).

Berikut ini #10TopPesonaKulinerLebaranSumedangyang dapat Anda singgahi saat berkunjung ke Sumedang.

1. Kunst House

Tempat wisata kuliner Sumedang yang pertama yaitu Kunst house. Dari namanya, kalian mungkin dibuat bingung ini kafe atau penginapan. Namun, Kunst House adalah nama kafe. Pemilik kafe ini memang sengaja menamai kafenya dengan Kunst House sesuai dengan tema tempat yang diajukan.

Tempat ini memadukan kenyamanan rumah dengan kenikmatan sajian kopi beserta makanan lezat lainnya. Pelanggan yang datang akan dimanjakan dengan suasana homey yang ditemani sajian makanan dan minuman.

Konsep Kunst House yang begitu unik, berhasil menciptakan para pelanggan yang setia. Mereka merasa menjadi lebih rileks ketika berada di tempat ini, sehingga betah untuk duduk berlama-lama.

Kafe ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Sumedang yang menjadi andalan para muda mudinya. Selain keunikan tempatnya, kafe ini juga ternyata menggunakan produk kopi lokal loh. Jadi, selain bisa mendapatkan suasana homey, pelanggan juga akan mendapatkan rasa kopi yang original, dan tentunya, membantu para petani lokal.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi kafe ini, langsung saja datang ke Jl. Raya Jatinangor, Cikeruh, Kabupaten Sumedang. Kafe ini beroperasi dari pukul 7 pagi hinggga 12 malam.

Jadi, jangan khawatir untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu hingga tengah malam. Sebagai tambahan pertimbangan, kafe ini mendapatkan rating 4.7/5 dari google review, dan untuk harganya berkisar Rp15 ribu sampai Rp35 ribu.

2. Rumah Makan Joglo Sumedang

Berlokasi di Jalan Raya Serang No.333, Desa Serang, Sumedang, nuansa khas Jawa di restoran ini begitu terasa. Bangunannya berbentuk Rumah Joglo Asli dengan interior kerajinan dan ukiran Jepara.

Di restoran ini disajikan menu kuliner khas serba Indonesia. Menu andalan dari restoran ini adalah Nasi Liwet Bebek Goreng dan Sop Buntut yang dimasak dengan bumbu keraton Solo sehingga cita rasanya begitu istimewa.

3. Bugen Pizza

Menjadi salah satu wisata kuliner Sumedang yang ikonic. Kelezatan pizza dengan keju mozzarella yang melimpah ini bahkan sudah merambah ke Kalimantan. Selain rasanya yang lezat, pizza yang satu ini tidak akan menguras kantong Anda.

Satu loyang bugen pizza Sumedang dibandrol mulai 20 ribu hingga 25 ribu rupiah saja. Varian rasa yang ditawarkan pun cukup banyak dan unik, salah satunya yaitu menu pizza tahu sumedang.

Bagi Anda yang ingin menikmati langsung kelezatan bugen pizza, dapat langsung menuju ke outletnya di Jl. Pangeran Suriatmadja No. 16 Sumedang. Selain outlet utama, bugen pizza juga membuka cabang lain di Sumedang. Dan untuk Anda yang enggan keluar, Anda bisa memilih layanan pesan antar bugen pizza.

4. Bakso Solo Mas Geong

Kenikmatan bakso solo memang sudah tidak diragukan lagi, sehingga Anda dapat menemuinya dimanapun Anda berada, termasuk di Sumedang. Ada banyak pedagang bakso solo di Sumedang yang bisa Anda pilih. Hal tersebut tentunya dikarenakan oleh banyaknya pecinta kuliner yang menyukai bakso.

Bagi Anda penggemar makanan berbentuk bulat ini, Anda bisa mencoba Bakso Solo Mas Geong. Penjual tersebut merupakan salah satu yang menciptakan bakso enak di Sumedang. Tidak hanya dikenal lezat, namun juga murah. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Warung bakso ini terletak di pinggir jalan dekat SMK PP.

5. Saung Teko

Tempat wisata kuliner Sumedang yang terakhir yaitu Saung teko yang merupakan salah satu tempat makan di Sumedang yang menghadirkan suasana yang berbeda. Desainnnya unik dengan suasana sunda yang sangat kental.

Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menikmati santap makan dengan suasana yang asri dan nyaman. Hiasan teko dari tanah liat dengan beragam bentuk menambah kecantikan tempat ini.

Tempat makan Saung Teko sangat cocok untuk acara keluarga, kantor maupun acara kumpul lainnya. Para pengunjung mengaku bahwa mereka sangat mengandalkan saung teko untuk acara makan-makan dalam partai besar.

Para pelanggan setia Saung Teko merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan dan juga masakan. Meskipun menu makanan yang disajikan tidak berbeda jauh dengan warung sunda lainnya, namun masakan di warung ini terasa lebih lezat. Jenis masakan yang sama, namun diracik dengan bumbu khusus yang berbeda menciptakan sensasi rasa yang unik dan sedap.

Saung teko berlokasi di Jl. Raya Cimuja, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis, mudah diakses oleh kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan, tempat ini juga dilalui oleh angkutan umum perkotaan dan pedesaan, sehingga mudah untuk ditemukan.

6. Tahu Bungkeng

Jika Anda ingin mencoba rasa tahu Sumedang sesungguhnya, Anda harus berkunjung ke Tahu Bungkeng Sumedang. Tahu bungkeng merupakan salah satu legenda tahu di Sumedang. Sudah ada sejak tahun 1917, Tahu Bungkeng menjadi cikal bakal munculnya Tahu Sumedang sebagai kuliner khas Sumedang yang begitu populer.

Meskipun usianya sudah sangat tua, cita rasa khasnya yang lezat tetap terjaga. Berkunjung ke Sumedang, tak afdol rasanya jika tidak mencicipi Tahu Bungkeng ini.

Tertarik ingin mencicipinya? kamu dapat mengunjungi tempat produksi dan penjualannya di Jalan 11 April, Sumedang

7. Soto Bongko

Dalam bahasa Sunda “Bongko” artinya gumpalan atau bungkusan besar. Nama Soto Bongko sendiri merujuk dari lontong yang diolah dalam ukuran jumbo yang disajikan bersama soto. Bahkan lontong jumbo ini kadang memiliki diameter hingga 20 centimeter. Selain lontong ukuran besar, Soto Bongko ini berisi daging, kuah kari, tahu goreng, kecambah dan sambal.

Soto Bongko bisa dijumpai di berbagai tempat di Kota Sumedang. Jika Anda berada di Pusat Kota Sumedang bisa menikmati kuliner ini di kawasan Alun-Alun Kota, Taman Ndog (Pasar Sumedang) atau di area RSU Sumedang.

8. Ladang View Sumedang

Sebuah pengalaman yang menyenangkan jika bersantap kuliner ditengah suasana kampung yang indah. Begitu juga ketika kita bersantap di Ladang View Sumedang, kita bisa menikmati sajian kuliner sambil menghirup sejuknya hawa pegunungan.

Dari sini pula kita bisa melihat aktivitas para petani sambil menikmati secangkir kopi. Benar-benar suasana perkampungan dengan kesejukan yang begitu kental.

Menu kuliner yang disajikan di Kampung Ladang mengadopsi tradisi makan petani lokal seperti Ngaliwet (nasi liwet) serta Nganteruran (nasi timbel). Tempat kuliner bernuansa pedesaan ini terletak di Kampung Pasir Peti, Margalaksana, Sumedang.

9. Kedai Makan Suka Hati

Bagi pecinta makanan tradisional khas Sumedang, Kedai Makan Suka Hati bisa menjadi alternatif berikutnya. Di tempat kuliner ini tersedia berbagai jenis masakan kampung yang sudah pasti dijamin kelezatannya. Pengunjung bisa memesan masakan dari ayam, ikan hingga aneka sayuran nikmat.

Yang sedang berlibur di Sumedang wajib mencoba menu kuliner di Kedai Makan Suka Hati. Alamatnya di Jalan Parakan Muncang, Sumedang.

10. CheCo Cafe & Resto

Bagi pecinta kuliner di Jatinangor, siapa yang tidak kenal dengan CheCo Cafe & Resto. Tempat makan yang jadi favorit bagi sebagian mahasiswa di Jatinangor ini, terus menerus berusaha untuk memanjakan para pelanggan setianya.

CheCo Cafe & Resto mempunyai konsep Fusion, Passion, dan Fashionable. Beberapa menu andalan dimiliki oleh CheCo Cafe & Resto, seperti aneka sajian Bebek, yaitu Bebek Goreng, Bebek Bakar dan yang paling special adalah Bebek Tiram harganya pun terjangkau hanya Rp 19.000.

Selain itu jika ingin menikmati olahan ayam yang berbeda, bisa mencoba Ayam Ireng, yaitu paha ayam tanpa tulang berbumbu kluwek yang bisa membuat ketagihan, bisa dinikmati dengan harga Rp 18.000.

Ingin menikmati makanan berkuah, CheCo Cafe & Resto menghadirkan Sup Iga Bakar dan Tongseng yang selalu jadi pilihan para checolovers. Jika bosan dengan nasi, CheCo Cafe & Resto menyediakan Beef Cheese Topper dan Chicken Cordon Bleu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *