Menggali Destinasi Grobogan Yang Tak Kalah Eksotis

oleh -1.721 views

SUARAJATIM.CO.ID– Jawa Tengah sangat kaya akan destinasi wisata. Lokasinya tersebar secara merata ke sejumlah daerah, termasuk Grobogan. Grobogan adalah sebuah Kabupaten di Jawa tengah. Kabupaten ini memiliki ibukota bernama Purwodadi. Uniknya, masyarakat lebih mengenal Purwodadi dibanding dengan Grobogan sendiri.

Grobogan, ternyata Kota ini memiliki #PesonaDestinasiLebaran2018 yang bisa diandalkan. Objek wisatanya juga beragam. Mulai dari wisata alam, keluarga, religi, dan masih banyak lagi. Yang pasti, Grobogan bisa menjadi tujuan untuk #PesonaMudik2018.

“Jangan pernah meragukan destinasi yang ada di Jawa Tengah. Kekayaan alam yang dimilikinya sangat luar biasa. Begitu juga dengan culture-nya. Semua itu tersebar ke sejumlah daerah seara merata. Salah satunya berada di Grobogan,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sabtu (2/6).

Lokasi wisata di Grobogan ini dijamin akan memuaskan liburan anda bersama orang-orang terdekat. Sebagai panduan, berikut #Top10DestinasiLebaran 2018 di Grobogan.

1. Waduk Kedung Ombo

Nama Waduk Kedung Ombo lumayan terkenal. Secara geografis, waduk ini berada di 3 kabupaten. Salah satunya masuk dalam Kabupaten Grobogan. Tepatnya terletak di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Gayer, Kabupaten Grobogan. Waduk Kedung Ombo ini memiliki Luas kurang lebih 6576 Hektar. Fungsi utama dari Waduk ini adalah untuk irigasi.

Seiring waktu, Waduk Kedung Ombo ramai dikunjungi oleh banyak orang. Sehingga menjadi wisata yang potensial untuk dikembangkan. Tidak hanya pemandangan waduk yang begitu indah. Disana pengunjung juga dapat menikmati ikan tawar bakar yang tersedia di warung sekitar lokasi.

2. Waduk Klambu

Grobogan juga memiliki waduk lain yang cukup terkenal di masyarakat. Namanya Waduk Klambu. Sama seperti Kedung Ombo, Waduk Klambu sebenarnya berfungsi sebagai irigasi. Namun, waduk ini punya pemadangan yang begitu eksotis. Pelan namun pasti wisatawan berdatangan.

Air di Waduk Klambu ini tidak hanya digunakan oleh warga Grobogan. Aliran irigasinya sampai ke Kabupaten Pati dan Kudus. Waduk Klambu ini membendung dua aliran sungai, yakni Serang dan Lusi. Tempat ini setiap harinya dikunjungi oleh wisatwan lokal maupun luar kota.

3. Bledug Kuwu Grobogan

Salah satu destinasi unik yang dimiliki Grobogan adalah Bledug Kuwu Grobogan. Susah mencari objek sejenis di daerah lain. Tempat rekreasi ini menampilkan luapan lumpur yang berjarak 2-3 menit. Lutupan lumpur itu bukan buatan manusia. Melainkan, alami dari dalam bumi.

Aktivitas itu terjadi akibat pelepasan gas yang berada di dalam teras bumi. Selain gas metana, letupan lumpur tersebut terkandung mineral dan garam. Oleh warga sekitar objek wisata gubug Grobogan, letupan lumpur ini dimanfaatkan untuk memproduksi garam bleng dengan cara tradisional. Lokasi Objek wisata ini berada di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan.

4. Wisata Api Abadi Mrapen

Jika ada destinasi yang paling tenar di Grobogan, maka tempat itu adalah Api Abadi Mrapen. Destinasi ini memiliki daya tarik dan sangat unik. Karenakan Api Mrapen tidak pernah padam. Meski diguyur oleh hujan sekalipun. Fenomena ini terjadi karenakan adanya lubang di tanah yang mengeluarkan gas alam. Gas tersebut terbakar oleh api dan mengudara.
Api Abadi Mrapen memiliki sejarah yang patut dikenalkan. Fenomena alam ini pernah digunakan sebagai sumber api pada event PON, POR pada tahun 1983. Pernah juga untuk Pesta Olahraga Internasional Ganefo pada tahun1963 dan masih banyak lagi. Disetiap tahunnya api mrapen ini juga digunakan sebagai sumber api pada peringatan Waisyak.
Lokasi Objek wisata Api Abdi Mrapen ini terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Odong, Kabupaten Grobogan.

5. Goa Macan dan Lowo

Destinasi Grobogan memang kental dengan wisata alam. Salah satunya adalah objek wisata Goa Macan dan Goa Lowo. Kabupaten Grobogan memang terkanal dengan pegunungan kapurnya yang besar. Dari situ, banyak terjadi pembentukan goa secara alami. Termasuk tempat piknik di Grobogan Goa Macan dan lowo ini.

Lokasi kedua Goa tersebut berdekatan. Sesuai dengan namanya, penghuni dari Goa tersebut adalah Macan dan Lowo (Kelelawar). Untuk Goa Macan, sekarang sudah tidak ada penghuninya. Alias tinggal namanya saja. Goa Macan dan Lowo ini terletak di Dusun Watu Song, Desa Sedayu, Kabupaten Grobogan.

6. Goa Urang Grobogan

Grobogan juga memiliki destinasi bernama Goa Urang. Dalam bahasa Indonesia urang berarti udang. Menurut masyarakat setempat, dulunya di Goa ini terdapat banyak urang atau udang. Dari hal itu, dinamailah Goa Urang.

Objek wisata yang satu ini memang belum pernah dikunjungi oleh banyak orang. Namun, sejumlah penelitian telah dilakukan disini. Objek wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan. Wisata ini terlatak di Dusun Guwo, Desa Kemahdobatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.

7. Air Terjun Widuri

Seperti halnya Goa Urang, Air Terjun Widuri juga belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. sehingga, masih sangat asri dan alami. Apalagi lokasinya cukup tersembunyi. Konon, Air Terjun Widuri merupakan tempat bertemunya Jaka Tarub dengan seorang bidadari bernama Nawang Wulan.

Kejadian ini banyak di ceritakan di cerita rakyat yang beredar luas. Objek wisata ini terletak di Desa Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Pemandangan yang alami dan asri menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun widuri ini.

8. Air Terjun Gulingan

Air Terjun Gulingan menawarkan keindahan alam yang masih alami dan asri. Dengan udara yang sejuk khas pegunungan Kendeng Utara. Selain menjadi objek wisata yang eksotis, lokasi ini juga sering digunakan sebagai tempat berkemah. Selain itu, wisata ini digunakan juga untuk pelatihan pecinta alam, canyoning atau canyoneering.
Air terjun ini juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk hunting foto, prewedding, olahraga offroad dan MTB. Air terjun Gulingan ini terletak di Dusun Sandi, desa Sedayu, Kabupaten Grobogan.

9. Tugu Lasi

Tugu Lasi merupakan destinasi yang terletak di Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungrejo, Kabupaten Grobogan. Daya tariknya sangat luar biasa. Destinasi ini sudah ramai dikunjungi wisatawan. Tugu Lasi merupakan lokasi penambangan yang masih aktif sampai sekarang. Namun, destinasi ini memiliki pemandangan layaknya seperti White Canyon yang menawarkan keunikan pemandangan batunya. Kalian yang ingin datang ke tempat ini disarankan hadir pada sore hari. Selain karena sudah tidak ada aktivitas pertambangan, anda dapat melihat kelelawar yang menghiasi Tugu Lasi ini.

20. Danau Resto Purwodadi

Objek wisata di Grobogan yang satu ini meyuguhkan keindahan danau buatan yang berbentuk hati. Nama dari objek wisata ini adalah Danau Resto. Danau buatan ini memang tak begitu luas. Namun, menawarkan keindahan yang luar biasa. Danau buatan ini bisa juga dijadikan sebagai tempat hiburan malam di Grobogan.

Tempat ini terletak di Jalan Gajahmada Kuripan, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa tengah. Danau Resto ini baru dibuka pada April 2016 lalu. Sehingga termasuk tempat wisata baru di Grobogan yang sedang ngehits-ngehitsnya.

Selain pemadangannya yang indah, Danau Resto ini menyediakan fasilitas yang bisa dibilang komplit. Diantaranya water park, rumah baca, kolam ikan hiu, dan Bioskop 3D. Danau Resto juga memiliki pesawat Boeing 737 yang difungsikan untuk edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *