IFI Fokus Tingkatkan Kehadiran Fisioterapi di Dunia Kesehatan

oleh -1.947 views
Jpeg

Kehadiran fisioterapi menjadi bagian penting dalam kebutuhan sehari-hari, khusunya bagi dunia medis dan bagi atlet yang akan menghadapi perhelatan.

Untuk itulah, Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) hadir untuk memfasilitasi keberadaan fisioterapi di Indonesia, sehingga bisa berkembang untuk kebutuhan kesehatan.

Bahkan IFI yang baru saja merayakan hari jadinya ke 50 tahun pada 10 Juni, telah bekerja sama dengan beberapa instansi untuk mengembangkan sayapnya, mulai dari KONI, PSSI, Panita Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) dan Panita Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc).

“Kerja sama ini untuk membantu keberadaan fisioterapi lebih bisa terkoordinir dan tersalurkan fungsinya di dunia olahraga. Bahkan khusus kerja sama di PSSI, IFI membantu pengembangan fisioterapi di setiap klub-klub sepak bola,” tutur Ketua UFU, Ali Imron usai perayaan HUT IFI ke 50 di Jakarta, Minggu (10/06/2018).

Ali juga mengaku, IFI juga berperan untuk mengembangkan regenerasi fisioterapi di Indonesia, karena saat ini masih kekurangan sekitar 30 ribu fisioterapi, salah satunya dengan sosialisasi kepada masyarakat, dan pengembangan pengetahuan di perguruan tinggi.

“Negara Indonesia masih kalah dengan negara kawasan Asia lainnya dalam ketersediaan fisioterapi, untuk itu IFI memiliki peran penting untuk memberikan fasilitasnya,” jelas Ali.

Tentunya kondisi ini sangat diperlukan, mengingat kehadiran fisioterapi sendiri memiliki peran penting dalam keberlangsungan seorang atlet dalam meraih performa terbaiknya ketika bertanding.

“Posisi fisioterapi hadir sebelum atlet bertanding untuk mempersiapkan performa terbaiknya, fisioterapi hadir ketika atlet bertanding untuk memantau kondisinya. Fisioterapi juga hadir ketika sang atlet dalam kondisi cedera, untuk memberikan informasi kepada tim atau manajemen akan kondisi yang terjadi untuk dilakukan penanganan lebih lanjut lagi, hingga atlet pulih, atau kembali dalam performa terbaiknya,” tambah Ali Imron.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *